Jumat, 26 Desember 2008

Dont worry mum...

6 tahun yang lalu, kami juga disini. Hanya di ruangan yang berbeda. Ini sudah yang keempat kalinya kami mengalami hal yang sama, di tempat yang sama. Ibu berbaring dengan selang infus di lengan, dan aku menunggui.
Tapi ada yang berbeda dengan suasananya.

6 tahun yang lalu, untuk pertama kalinya kami melalui ini. Diabetes melitus yang tiba2 menyerang, membuat ibuku sulit menerima keadaan. Kondisi kesehatannya menurun drastis. Secara Psikis, ibu merasakan keputus asaan. Itu membuat kondisi kami sangat sulit. 6 minggu ibu dirawat di dua rumah sakit berbeda. Pada saat itu, kepanikan sangat terasa. Bapak juga terlihat letih dan tidak fit.
kami, anak2nya jg demikian. Kami tertekan scr psikis. Ketika dokter menyatakan bahwa secara medis ibu sembuh dan boleh dirawat dirumah, kondisi fisik ibu msh sgt lemah. Ketika di rumah, aku juga kembali mengalami kesulitan merawat ibu. Sehingga kami dan ibu merasa sebagai dua pihak dgn posisi direpotkan dan merepotkan. Sampai ada sebuah moment, hari idul fitri yang membuat kami sekeluarga berkumpul. Hal ini membawa spirit buat ibu untuk sembuh. Dan, ibu berangsur pulih, meski dengan waktu yang cukup panjang.

Entah karena kedewasaan, atau karena pengalaman, ketika hal yang sama terjadi untuk kedua kalinya, kami, aku khususnya, sudah melewati dengan lebih baik. Ibu juga demikian.

Dan kali ini, ketika untuk kesekian kalinya kami dihadapkan pada keadaan yang sama seperti 6 tahun yang lalu, kami dan ibu sudah dapat lebih ringan melewatinya. Khususnya buat aku. Dan mungkin mulai sekarang, aku juga harus menyiapkan diri, karena mungkin beberapa waktu yang akan datang, aku ada di posisi ibu.

Saat ini, ibu ada disebelahku. Dia sedang menanyakan, sedang apa aku. Aku jawab bahwa aku sedang menulis sesuatu.
Dalam hati aku berkata, dont worry Mum, im here for u.

tengah hari,
mawar 11 rsu saiful anwar

2 komentar:

agus haris mengatakan...

...semoga beliau senantiasa sehat wal afiat, dan diberikan kesabaran dalam hadapi cobaan Allah...

Langit Biru mengatakan...

semoga sehat seperti sediakala; terpancar wajah sehat dan gembira